Selasa, 08 Oktober 2024

MELAHAP HIDANGAN KIMCHI XAVIERA

KIMCHI CONFESSION INSIGHT 
Comparison is endless. Sekeras apapun kau berusaha, terkadang privilese yang dimiliki seseorang melebihi hasil yang kemudian kamu dapat.

Namun, kita tak pernah tahu. Perjuangan yang telah ia mulai dari kecil. Didikan orang tua yang penuh air mata. Ataupun belajar diam-diam penuh lelah kretek-kretek di punggung.

Hard learning! Work hard, pray hard, play hard. Seriuslah dalam belajar. Karena ilmu apapun yang sedang kita pelajari akan sangat membantu di masa depan. Education in the most impotance in this world. Learning is a must. Terlebih kita sebagai umat muslim.

Belajar menjadi kewajiban kita. Bahkan hal pertama yang wajib kita lakukan sebelum beribadah. 

Kita takkan tahu caranya memakai kerudung yang baik dan benar kecuali kita belajar. Kita tidak akan bisa shalat mencontoh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam jika kita tidak belajar.


CERITA SEPIRING KIMCHI
Xaviera, pelajar Indonesia yang bersekolah di Korea. Perempuan dengan segudang prestasi, namun sebagai minoritas muslim seringkali menumpahkan segala resah di hati ke sepiring kimchi.

Ia bercerita bagaimana kerasnya belajar di sana. Belajar malam yang wajib dilakoni saban hingga pukul 10:00, 12:00 malam atau bahkan 02:00 dini hari. 

Saking kerasnya belajar, ada pelajar-pelajar yang diam-diam belajar di ruang kamar mandi. Dikarenakan lampu ruang lainnya otomatis mati dan wajib tidur. Namun mereka tahu, jika tidak belajar keras mereka tidak akan memiliki masa depan.

Viera menghadapi, melalui tatapan-tatapan heran orang-orang tentang hijab dan melalui shalat serta berbuka puasa sendirian. Hingga akhirnya ia jadikan topik dalam sebuah lomba speech.

MENJADI BINTANG
Menurutku buku ini masih menyimpan banyak hal yang belum diceritakan. Aku tahu Xaviera menghadapi lebih banyak tantangan, bekerja lebih keras. Kalau tidak ia tidak akan menjadi terbaik dalam banyak hal; riset di sekolah, ekskul dan nilainya yang selalu the best.


OVERALL
Aku suka cara Xaviera menuliskan autobiografinya berupa perjalanan hidup yang mudah dicerna. Bahkan anak-anak SMP bisa membacanya. Mungkin bagi yang dewasa kita akan mengulik banyak hal seperti parenting orang tua, cara Viera belajar dan juga tingkat endurance-nya seorang perempuan muslim. I think there are still many things to explore.

Bersyukur kita di era media sosial ini kita bisa menggali hal-hal tersebut di berbagai macam podcast. Terlebih setelah Xaviera menjadi naik daun lewat kompetisi Class of Champion.

COVER DAN LAYOUT
Cara penyajian buku ini juga keren. Sampul bukunya dihidangkan langsung oleh Sang Kakak. Penata letaknya, Dinda Djohani juga apik menyusun buku ini. Menaruh foto-foto dan corat-coret lucu di awal dan akhir buku membuat buku ini tidak membosankan dan dapat diselesaikan dalam sekali duduk. Auto follow akun Instagram-nya :D

______________
Judul: Kimchi Confession
Penulis: Xaviera Putri
Penerbit: Gagas Media
Tahun Terbit: Cetakan 1 2023
Jumlah Halaman: 163

Tidak ada komentar:

Posting Komentar