Rabu, 06 Januari 2016

Sehat itu Sederhana

Mitos dan Fakta Kesehatannya Erikar Lebang membuka persepsi baru terkait banyak hal. Sehat itu sederhana. Tak rumit dan murah. Tak perlu banyak-banyak biaya. Orang miskin pun bisa sehat!

Buah dan sayur segar sangat diunggulkan di sini. Terlebih makan buah di pagi hari. Hal tersebut yang utama. Baru karbohidrat dan terakhir protein.

Jangan terlalu mendewakan daging! Karena ia sulit dicerna lambung. Apalagi susu. Susu dikenal jahat di buku ini. Tak ada baiknya sama sekali. Makanya sang penulis amat geram ketika tantenya hanya mengkonsumsi minuman itu..

Teh dan kopi juga musuh. Boleh, asal secangkir sehari. Menghilangkannya lebih ideal lagi. Yang paling penting adalah air. Kalau nggak jus buah dan sayur buatan sendiri. Alkohol? Jauh-jauh deh.

Makanan mentah seperti buah dan sayuran segar sangat diutamakan. Karena dapat membuat kondisi lambung kita dalam keadaan basa. Banyak pelaku yang dicontohkan dalam buku dan berhasil tentunya.
Gue ketawa pas penulis bilang, food combining nggak ada unsur komersialnya hanya bikin bangkrut pemiliknya. Ya, makanya konsep ini banyak ditolak ahli kesehatan.

Biayanya pun murah. Nah, di sini yang menjadi benturannya dengan dunia kesehatan konvensional. Susah bikin kaya! Tidak bisa menghidupi industri.
*page 186

Belum lagi Becham vs Pasteur. Pakar yang bertolak belakang. Pasteur bilang sumber penyakit ada di bakteri. Makanya sayuran kudu dimasak sempurna. Dimasak dengan suhu 100C agar bakteri dan kuman mati.

Hal tersebut tentu saja mengkibatkan banyak vitamin hilang. Sedangkan Becham ingin agar PH tubuh kita netral atau kalau bisa sampai basa. Makanya kudu makan buah dan sayur segar (mentah) #rawfood.

Otto Heinrich Warburg peraih nobel tahun 1931 mengatakan bahwa sel kanker tidak bisa hidup dalam PH basa. Mengobatinya dengan obat-obatan ataupun kemoterapi itu sama saja meruntuhkan kokohnya dinding dalam tubuh. Apalagi tanpa adanya perubahan lifestyle, pola makan juga. Makin ambruk deh.

Temuan vital Becham dan Warburg harus diakui sulit dikembangkan ke sisi komersial, karena tidak akan didukung oleh industri, less profit.
*page 179

Sehat itu bagaimana mengatur pola makan dengan gizi seimbang. Bukan karena kits belum sakit. Hidup sehat! Banyak makan buah dan sayur.
Terbitan Kompas 2014.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar