Minggu, 27 Maret 2016

Cinder, Cinderella Masa Depan

Cinder, sebuah novel karya Marissa Meyer. Kita tentu saja sudah mendengar berbagai macam versi Cinderella. Mulai dari animasi Disney, versi manusia yang diperankan oleh Selena Gomes dan banyak lainnya.

Cinder, Trees and Sky
Bedanya Cinder yang ini kisah dari masa depan. Ketika perang dunia keempat telah tercetus. Setting-nya sangat modern. Sang tokoh utama masih saja seorang upik abu. Memiliki ibu tiri dan dua saudara bernama Peony dan Pearl. Masih, mereka masih jahat dalam novel ini. Tapi tidak dengan Peony.

Lihn Cinder
Lihn Cinder, begitu nama lengkapnya dalam novel ini. Seorang cyborg, bertubuh setengah manusia dan setengah mesin. Dalam tubuhnya terdapat banyak kabel-kabel. Ia mudah terhubung dengan internet. Melihat kabar-kabar dunia dalam sekejap saja. Sistem kabelnya pun sempurna. Saat ia merasa cemas sistem akan menyuruh tarik nafas dalam-dalam. Dan lagi, Cinder tidak bisa tersipu dan menangis.

Seorang mekanik yang ahli. Ia bekerja setiap hari di pasar. Di situlah pertama kali ia dengan Pangeran Kai. Ya, Pangeran menyamar dengan tudungnya agar bisa pergi ke sana. Apa pasal? Android Kai rusak. Nah, disitulah bagaimana cerita dimulai.


Bukan Amerika, Inggris yang menjadi latar cerita. This novel took place in New Beijing China. Tapi Pangeran Kai bukan perwakilan dari sana. Ia adalah pangeran yang akan segera menjadi Raja Bumi. Yang akan menjaga bumi dari kejahatan Ratu Levana, penguasa Bulan yang kejam dan Licik.

Levana?
Ratu Levana yang merasa paling cantik sedunia. Saking cantiknya ia tak mau siapapun menyainginya. Tak mau menatap kaca. Cukup lebay ya. Tapi begitulah ia. Si penyihir yang mampu mengendalikan pikiran-pikiran orang yang menentangnya. Ia pun tak segan membunuhnya. Uh, cantik-cantik jahat.

Pick Cinder!
Ya, jadi selain di bumi ada persetereuan manusia dengan orang-orang bulan. Khususnya Ratu Levana yang menurut Cinder cantiknya menjijikkan. Karena kecantikannya didapat dari membunuh orang-orang. Euh!

Kai and Cinder
Jadi apa hubungannya Ratu Levana dalam cerita ini? Ia ingin memperluas kekuasaannya hingga ke bumi. Tak hanya bulan saja. That’s why, orang-orang ingin agar Putri Selena ditemukan. Biar hubungan bumi-bulan berlangsung damai. Sayangnya menurut rumor, sang putri meninggal dalam kecelakaan.

Cinder or Levana?

Ini semakin mumet karena berbagai konflik membuat Kai harus menikah dengan penguasa bulan, Ratu Levana. Seru deh ceritanya. Apalagi, Cinder meski sudah berpuluh-puluh kali diundang ke pesta dansa ia tak mau datang. Tambah menegangkan karena wabah Letumosis kian menyebar dan menewaskan ratusan rakyat bumi. Pun Raja, ayahanda Kai mati karenanya. Kai tambah linglung dong antara Letumosis-Levana dan Cinder.

Walking with Cinder

4 komentar:

  1. Kirain Cinder itu cerita tentang cinderela masa kini aja, tapi ternyata ada cyborgnya juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya apalagi itu setting-nya setelah perang dunia keempat.

      Hapus
  2. Cinderella memang selalu seru untuk dibahas ��

    BalasHapus
  3. Exactly! I'm agree with your opinion :)

    BalasHapus