Sabtu, 05 November 2016

Cowok Caper Cewek Baper di PERNIK 2016

Dimulai ketika aku sampai di GSC saat mentari mulai meninggi. Posisi, sang pemateri belum tiba di atas kursi yang sudah disediakan panitia di atas podium tinggi. A place higher than us. Begitulah kemudian bagaimana cerita ini bermula. Berkisah padamu tentang suatu masa.

Sebuah acara bertajuk Cowok Caper Cewek Baper, judul yang sama dengan buku yang beliau tulis; Burhan Shadiq. Penulis asli Solo yang mengikhlaskan diri berbagi ilmunya di Madura, tepatnya dalam rangka memeriahkan acara PERNIK 2016 yang digawangi KAMUS FT sebagai penyedia acara bedah buku.

Buku Cowok Caper Cewek Baper memang buku terbaru beliau. Pertama terbitnya September 2016. Sekitar dua bulan yang lalu. Masih fresh from the oven lha. Bikin banyak peserta yang tertarik. Judulnya provokator banget; a statement.

Menurut beliau buku ini lahir atas inspirasi yang Burhan Shadiq dapatkan saat menjadi pemateri dalam sebuah seminar. Memang ya, ide itu bisa datang dari mananya. A place you never imagine before.

Acara bedah buku ini sendiri terselenggara tadi pagi (05/11). Seperti yang sudah tak sebut sebelumnya, bedah buku Cowok Caper Cewek Baper adalah satu rangkaian dari Dies Natalies FT. Di KAMUS FT (Keluarga Muslim Fakultas Teknik) nama acaranya PERNIK (Pekan Raya Fakultas Teknik).

Memasuki jam 08:00 pembawa acara mulai membuka materi pagi itu dengan sedikit games. Eh, lumayan lho bagi yang beruntung tadi dapet qur’an yang menurut pihak sponsor adalah paling worth it.

Sekarang balik lagi about me how attenting the event. Setelah sampai di dalam aku langsung WA Mbak Wind. Mencari keberadaannya. Karena sudah janjian sebelumnya. Indeed, she said that she wears the same color on our cloth. Celingukan deh aku mencari sosok berkerudung coklat.

Sempat kebingungan juga yang mana yang bener. In case I’m not wearing my glasses dan pakai kerudung coklat nggak satu. Cuma curiga aja sama yang duduk paling depan. Bersanding dengan kudung warnah merah muda imut-imut. Then she is!

Si kudung pink-nya itu Dek Ani. Warnanya cantik, Dek An. That’s makes you more beautiful ^^

Therefore, kurangkumkan materi yang beliau sampaikan. Lumayan di buku catatanku ada empat halaman. Here we go!

Pematerinya alumni Sastra Inggris UNS*toss yang sama-sama Sasing. Oia, padahal kudunya try to ask and talking in English ya tadi  memulai dengan Ali Imran 32. A sentence that says, wa laisad dzakaru kal untsa. Beda cowok, beda cewe.

Dari sononya sudah nggak sama. Misal kalo cowok itu suka caper. Kayak ayam jantan kalo ketemu sama betina jalannya suka miring. Sayapnya dikepakkan mencari perhatian.

Sebaliknya cewek, sukanya baper. ditanyain sudah Tahajjud atau belum malah melted. Ini nih lagi, cowok-cowok sukanya modus. Hadeuh.. kalo suka mah halalin aja ga pake lama-lama*haha, kode keras yak? :D

Beda cowok, beda cewe. Kalo cowo sukanya ngegas, cewe sukanya ngerem. Tapi gas sama rem, nggak akan sebanding. Kebanyakan remnya kalah. Tadi pematerinya pinter banget deh bikin onomatopoeia. Suara deruman mobil, barang jatoh, pintu dibuka dll. Pikiranku pun mulai berimajinasi, keren kali ya jadi pemateri kelas dongeng?


Jodoh itu di tangan Allah, tapi selanjutnya terserah kita mau jemputnya gimana. Mau menjemput dengan ketaatan atau kemaksiatan? Akhwat kece pastinya mau yang taat-taat dong. Yang tipe-tipe ngikutin apa yang diperintahkan Allah dalam Al-Quran dan apa yang Rasul Muhammad ajarkan.

Jomblo itu, ibarat puasa. Jadi ada waktunya nanti kita berbuka. Nah, kalo sudah deket-deket maghrib baru deh mulai nyiapin menunya. Mau es cendol atau kelapa muda yang seger. Tapi dua-duanya nyatanya nyegerin, haha.

Jomblo itu rentan dengan jebakan iblis. Makanya kudu hati-hati. Kudunya mah fullfill our life with the good things. Bukan malah dekat-dekat sama hal-hal yang Allah larang. Zina misalnya.

Di Alqur’an memang tak ada tentang larangan pacaran, tapi kalau naskah untuk tidak mendekatinya, ada! Tak ada zina yang mendadak. Salah satu pencetusnya adalah pacaran.

Ah, pokonya mah jangan deket-deket. Jangan sampai kena hati, gitu kata beliau. Berabe nanti jadinya. Tuuh..

Gimana biar terhindar? Buatlah ibadah kita senikmat mungkin. Shalat rasanya nikmat sambil ngebayangin Allah lagi merhatikan. Ngaji rasanya nikmat sambil berimajinasi indahnya surga dan geramnya neraka. Agar serasa Allah talks to us directly. Infaq biar rasanya nikmat. Ngeluarin duit bergambar Soekarno-Hatta tak berat. Cek bagaimana redaksi ayat dalam Al Mu’minun bermula.

Biar nikmat ya mulai step-to-step menjalankan ibadah sesuai dengan syariat. Mematuhi segala perintah dan tak dekat-dekat dengan larangan. Yang cewek, belajar berhijab, menutup aurat. Cause it’s our protection.

Tentang pacaran, umm, nggak usah dekat-dekat deh. Bicara tentang cinta topiknya tak hanya lawan jenis saja lho. Ada cinta sejati, cinta abadi. Yang akan kekal hingga kita mati nanti.

Apa itu? Cinta kepada Allah tentu saja. Pencipta kita, yang memberi nafas dan kehidupan hingga saat ini. Yuk ah, cintai Allah dengan sebenar-benar cinta. Mengabdikan diri kepadaNya. Dengan ilmu yang selalu dan terus kita cari. Karena dengan ilmu derajat kita sebagai manusia akan ditinggikan dibanding makhluk lainnya di sisi Allah.

Terkait ada cowok yang suka. Ada cowok yang tebar pesona alias caper nggak jelas. Tiba-tiba berani datang menyatakan, pilihannya ada dua menurut beliau; halalakan atau lepaskan. Keputusan di tanganmu. You should take one which is the best.

Kalo cuma ngomong doang mah nggak usah dimasukin hati. Apalagi nggak ada aksi. Jangan biarkan jiwamu berkelana menghabiskan masa. Katanya pemateri, if you love me you should marry me.

Jadi putuskan saja; lepaskan atau jadi halal! Nggak usah berharap pada lelaki yang tak jantan. Tak berani datangi orangtuamu meminang masa depan. Dah, lepaskan! Daripada nanti di-PHP-in, hayoo.

Udah.

Dan nggak usah dipikirin lagi.

Dan usah dibikin baper.

Let me tell you. Akhwat kece itu kudu kuat. Kudu tegas ambil keputusan. Jangan mau digantung nggak jelas begitu. Jadi inget katanya Mbak Aya pas di KSEIN FKI Al Azzam deh.

Nah, balik lagi seperti yang pemateri katakan tadi, filling your waiting moment with good things.

Memantaskan diri.

Memantaskan diri bukan biar kamu setara sama dia yang katanya shalih.

Big NO!

Memantaskan diri untuk Allah, that’s good! Jadi nanti biar Allah yang mutusin. Terserah Allah mau menjodohkan kita dengan siapa. Dan yakinlah pilihanNya pastilah yang terbaik. Do’a aja terus, rabbana hablana min azwaajina wa dzurriyaatina qurrata a’yun..

Adeumm, deh dengerin materi dari beliau. Ber jam-jam jadi nggak kerasa. Seru dan gokil nyampein materinya. Kalau menilik dari buku-bukunya yang sudah puluhan itu memang spesialisnya di remaja. Ngobatin luka hati muda-mudi yang sedang merana. Asyik deh materinya.

Dari awal sudah sangat setuju kalau beliau pematerinya. Apalagi tahun 2013 lalu sempat mau diundang tapi batal gegara beliaunya ada acara. Then this time they try their best to contact him again. Lucky us! di hari yang sudah disepakati bersama, beliaunya kosong. Akupun bersorak hore dan cuzz daftar.

Kenal beliau sejak tinggal di Solo. Waktu beli buku beliau yang berjudul Engkau Memang Cantik. Bukunya keren. Berlanjut di udara karena beliau sering mengisi di radio macam Roja’ ala Solo. Aku lupa apa nama tepatnya. Pernah ngisi di MH juga. Jadi semakin suka sama gaya-gaya dakwah beliau.

Thence, lucky me! Di akhir acara dapet doorprize buku. A book tells about Palestine. It’s my first through that I had about the theme; Palestine. Memang rejeki nggak akan ke mana yaa. Selanjutnya lembaga dakwah mana nih yang mau ngundang penulis kece ini?


28 komentar:

  1. Wahh jadi penasaran sama Bukunya Mbakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mbak dibeli bukunya :D

      Atau baca pinjem punya saya ^^

      Hapus
  2. Saya juga percaya bahwa jodoh memang di tangan Allah ya mba. Tapi ya kita harus tetap berusaha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yapp, bagaimana kita menjemput dari tanganNya ^^

      Hapus
  3. Yuoshh.. Semangat jemput yang halal.. #ehh
    Jika rindu itu untuk pasangan halal maka nilainya pahala, jika rindu itu bagi yang belum halal baginya dosa... Ciah.. LDRan, ehh.. Kita kan juga ldran kan yaa, cuma rindunya sama sosok yang entah siapa itu.. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. LDR-an dengan ia yang kan halal di masa depan. Entah siapa ya, Mbak Wind ^^

      Hapus
  4. hidup tidaklah lama, mari kita buat lebih bermakna dengan caper dan baper hanya pada Allah semata..

    BalasHapus
  5. tetap harus usaha ya dalam hal apa pun

    BalasHapus
  6. Penasaran dengan bukunya, dari judulnya aja sudah menarik :)

    BalasHapus
  7. Judul bukunya eye catchy banget deh..haha..jadi kepingin baca juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju! That's reason kenapa akhirnya saya beli buku dan ikutan acaranya :D

      Hapus
  8. Ujung2nya memantaskan diri ya, walau susah tapi inilah satu2nya jalan supaya mendapatkan yang terbaik
    Ibaratnya kayak kaca hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kalo kepengen yang shalih kitanya kudu shalihah dulu. Gitukan yak? #kaca

      Hapus
  9. cerita yang menyentuh dan menginspirasi ya
    i love it

    BalasHapus
  10. Bener-bener spesialis remaja, ya.. Bisa menenangkan galaunya jiwa para remaja *ngomongapasih :)

    BalasHapus
  11. Awalnya ilfil sm judulnya, tp tnyt isinya bgs bgt ya... Jd pgn baca...

    BalasHapus
  12. jodoh.. harus dijemput.. klo ngga ttp di tangan Allah he2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa :D
      Kalo nggak diambil-ambil kapan dapetnyaaa..

      Hapus
  13. "Jomblo itu, ibarat puasa. Jadi ada waktunya nanti kita berbuka" ini analoginya keren hehe. Baca tulisan ini jadi reminder buat aku. thank you mba. Btw ditunggu review buku hadiah doorprize nya. hehe. penasaran.

    BalasHapus
  14. aaaahh..jomblo itu dekat dengan jeratan iblis hihihi lucu pasti nih baca bukunya

    BalasHapus